//
you're reading...
Latest HIV-AIDS News

Kompas, Februari 2007

Dikumpulkan, Jarum Suntik Bekas Pemakai Narkoba


Laporan Wartawan Kompas Yenti Aprianti
BANDUNG, KOMPAS – Belasan orangtua dan pemuda menyisir Taman Flexi, Jalan Djuanda, Kota Bandung dan menemukan banyak jarum suntik bekas, Jumat (16/2). Jarum suntik dibuang pengguna narkoba di selokan, rumpun bunga, dan tempat sampah.

Acara tersebut dilaksanakan Harm Reduction – Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Jawa Barat bersama Warga Peduli AIDS. Dari kegiatan  tersebut terkumpul 24 jarum suntik bekas. Sebelumnya dari Kota Bandung, Harm Reduction – PKBI Jabar mengumpulkan 40 kilogram jarum suntik bekas selama tiga bulan. Rencananya jarum suntik tersebut akan dimusnahkan di Rumah Sakit dr Salamun, Kota Bandung.

“Kami memiliki kegiatan rutin untuk mengumpulkan jarum suntik, langsung dari pemakai maupun mencari ke beberapa tempat di Kota Bandung,” ujar Sari dari Harm Reduction – PKBI Jabar.

Sari mengatakan selain di taman kota, jarum suntik banyak dibuang di sungai. “Biasanya mereka membuang sembarangan karena takut tertangkap polisi,” ujar Sari.

Menurut Sari, tidak semua pemakai taat mengumpulkan jarum suntik bekas ke kantor Harm reduction – PKBI atau menelpon petugas untuk mengambil. “Karena takut, meskipun sudah menelepon petugas, jika kami terlambat datang biasanya mereka membuang di sembarang tempat,” ujar Sari.

Jarum suntik yang terkumpul sempat tersimpan cukup lama karena alat pemusnah jarum di beberapa rumah sakit rusak sehingga tidak bisa disewa. Ongkos penyewaan berkisar Rp 6.000 per kilogram.

Jarum suntik bekas yang dibuang sembarangan berbahaya bagi masyarakat lain, terutama jarum suntik yang bekas dipakai oleh pengidap HIV/AIDS. “Kita tidak tahu apakah ada anak kecil atau pemulung yang pernah tertusuk. Sampai saat ini kami belum mendapat laporan. Tapi resiko itu ada jika jarum suntik bekas itu masih bertebaran di mana-mana,” ujar Muhammad Hilman (26), Manajer Kasus di PKBI Jabar.

Lientiati (59) mengaku kecewa banyak anak muda di Kota Bandung memakai narkoba. Namun ia tak dapat berbuat banyak untuk mencegah. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah membantu membersihkan kota dari jarum suntik bekas.

Advertisements

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: